Wednesday, September 12, 2012

Proyek Puskesmas Nusa Penida I Terkatung-katung


Warga di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung meminta proyek pembangunan gedung Puskesmas Nusa Penida I yang sudah dikerjakan sejak tahun 2010, segera diselesaikan dan bisa beroperasi. Soalnya, pengerjaan proyek yang berlokasi di Desa Batununggul, Nusa Penida ini terus terkatung-katung, dan tidak jelas kapan target penyelesaiannya. Bahkan, proyek yang juga tidak jelas berapa anggarannya ini sempat terhenti, karena tidak ada kontraktor yang mau melakukan penawaran.
Warga setempat, Wayan Sukadana, yang juga Pengurus Forum Diskusi Krama Muda Nusa Penida, Selasa (11/9) kemarin, mengatakan, proyek Puskesmas Nusa Penida I ini terdapat empat bagian gedung yang sebelumnya sempat dikerjakan. Tetapi satu bangunan utama dari proyek itu belum selesai. Sukadana berharap proyek ini segera diselesaikan dan dilengkapi dengan sumber daya manusia (SDM) serta peralatannya.
Sebab, masyarakat di Nusa Penida sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang memadai. "Sebab jika ada warga yang mau melahirkan atau dioperasi, bila harus menyeberang ke Klungkung daratan menuju RSU Klungkung, itu akan memakan waktu terlalu lama, terlebih dalam kondisi darurat seperti itu. Apalagi saat ini transportasi dari Nusa Penida ke Klungkung daratan maupun sebaliknya tidak lancar," ujarnya.
Sebelumnya, permasalahan megap-megapnya proyek itu juga sempat ditanyakan oleh warga setempat maupun dari pengurus Forum Diskusi Krama Muda Nusa Penida kepada Gubernur Bali saat melakukan simakrama ke Nusa Penida. Saat itu katanya, Gubernur sempat marah-marah karena pengerjaannya tidak keruan dan ada yang salah dalam proses tender.
Sejak mulai dikerjakan tahun 2010, proyek gedung rawat inap ini sempat terhenti pada tahun 2011 karena tidak ada pihak kontraktor yang mau mengerjakan. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Klungkung, dr. Gusti Ngurah Agung Suastika, kemarin, mengatakan proyek itu baru mulai dikerjakan lagi pada awal September 2012. Anehnya, Suastika mengatakan tidak tahu berapa besaran anggaran yang digunakan yang diketahui bersumber dari APBD Provinsi dan Kabupaten itu.
"Proyek pembangunan Puskesmas Nusa Penida I pengerjaannya sudah 61 persen, kami berharap bisa selesai pada akhir tahun 2012. Sehingga tahun 2013 sudah bisa memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di Nusa Penida," kata Suastika. Setelah proyek itu dinyatakan selesai, rencananya baru akan diusulkan untuk melengkapinya dengan sumber daya manusia (SDM) dan peralatannya.
Di Kemacatan Nusa Penida ada tiga Puskesmas Induk yakni Puskesmas Nusa Penida I di Desa Batununggul, Puskesmas Nusa Penida II di Desa Jungutbatu, dan Puskesmas Nusa Penida III di Desa Klumpu.

0 comments:

Post a Comment